Laman

Kamis, 28 Mei 2015

Fenomena Musik Zaman Sekarang

#Now playing : WR. Supratman-Indonesia Raya# *plak

Kalo ngomongin soal musik Indo itu...

Zaman sekarang yang namanya musik Indonesia sepertinya sudah nggak terlalu mementingkan aspek kualitas entah dilihat dari segi lirik, genre musik, maupun kualitas suara penyanyi sendiri sudah tak menjadi patokan dalam menciptakan suatu mahakarya yang mampu membuat citra musik Indonesia dilirik oleh industri musik luar negeri.
Sekarang ini mereka seperti berlomba-lomba menciptakan musik yang mampu menarik perhatian kalangan pendengar tanpa memedulikan kualitas dan amanat apa yang tersirat dari musik/lagu tersebut, yang penting selama karya yang dibuat mampu menciptakan "booming" maka pundi-pundi uang pun akan terus bertambah seiring boomingnya sebuah musik.

Kenapa saya bicara seperti ini? Karena akhir-akhir ini ketika saya sedang melihat televisi terutama acara musik yang memang salah satu acara yang selalu saya tonton dan melihat perkembangannya, saya justru kecewa karena apa yang saya lihat adalah bukan seperti yang saya inginkan. Puncaknya kemarin nih waktu saya nonton acara musik yang terbilang acara baru di salah satu stasiun tv swasta sebut saja i-m**ic. Padahal konsep dan tatanan panggungnya itu menurut saya udah goodlooking lah buat jadi tontonan seukuran remaja, saya kira bintang tamu yang akan mengisi acara itu seperti band-band papan atas ataupun penyanyi-penyanyi good talents atau juga girlband boyband yang terbilang papan atas di Indonesia, tapiiiiiii setelah saya lihat, Kejadiannya seperti ini :

Pertama, baru openingnya saja sudah diisi dengan duo penyanyi yang katanya sedang naik daun. Yaituuuuu D*o Se*ig*la, mereka menyanyikan entah lagu apa judulnya tapi yang membuat saya geleng-geleng kepala (bukan karena menikmati lagunya, tetapi saya prihatin) yaitu koreografi mereka yang cukup membuat mata para lelaki "mendelik kesenengan", coba kalian bayangin gaes! Perempuan mana yang nggak risih liat gerakan tubuh apalagi part of the top of their body (if you know what I mean -_-) yang sengaja dibikin up and down yang jelas-jelas itu mengumbar aurat apalagi outfit yang dipakai kala itu udah bener-bener kekurangan bahan banget! Sumvah! Saya langsung ilfeel seketika sama mereka -_- dari awal lagu sampe akhir pun koreografinya tetep itu-itu mulu -___- katanya sih ciri khas. Kalau nggak salah, nama goyangannya "Goyang Dribble" entahlah kenapa mungkin kata "Dribble" diambil dari teknik basket dimana artinya memantul-mantulkan bola ke atas dan ke bawah (maaf bukan bermaksud ambigu, tapi disini saya menilai secara objektif). If you know what I mean yaaa...


Kedua, di pertengahan acara nih (masih nonton juga ternyata saya-_-) ada lagi vocal group, saya lupa namanya pokoknya ada embel-embel nama sang Ibunda yaitu Put** Ba**r. Saya lupa sama judul lagunya, tapi begitu saya dengar Intro lagunya seketika saya langsung teringat lagu milik penyanyi cantik asal Amerika yaitu Meghan Trainor yang judulnya All About That Bass, tiba-tiba saya berteriak dalam hati "Kamvreeeet!!! Apaan ini woyy! Kok lagunya sama persis sih?! Ini sih plagiat namanya!!!" Jujur saat itu saya langsung heboh sampai-sampai saya berdiri dan angkat golok tinggi-tinggi ke arah tv (nggak kok saya bercanda ._.) Maksudnya saya langsung mendengarkan setiap inci nada dari lagu tersebut dan ini memang benar-benar sama persis tanpa ada cacat apapun, hanya bedanya di lagu ini ditambah suara khas gendang karena mereka menyanyikan ini dengan lagu versi dangdut tapi dengan lirik yang berbeda.
Dengan bermodalkan kepo yang cukup membuat saya naik darah, saat itu juga saya langsung browsing-browsing tentang si Plagiator ini, dan benar saja langsung muncul berbagai macam artikel tentang kesamaan lagu dari Put** Bah**r dengan lagu All About That Bass. Kemudian keesokan harinya mereka diundang di acara talk show Hi*amPu**h dan mereka sih ngakunya nggak tau Meghan Trainor. Pokoknya mereka banyak ngelak deh! Ah sungguh alibi yang sangat telah diperhitungkan!

Sebenarnya nggak cuma di acara music i-mu*** yang menayangkan musik yang semakin hari semakin tidak saya mengerti apa yang harus dinikmati, ternyata karena ke-boomingannya pun banyak acara musik lain yang ikut menjadikan bintang tamu mereka yaitu si artis-artis semacam yang saya sebutkan diatas, dan dari situ saya berilham *ciyahh* bahwa sebenarnya nggak salah juga sih kalau musik yang berkembang justru yang sebenarnya tidak ada pesan moral sama sekali untuk diambil, tapi selama masyarakat menyukai dan menikmati kita mau gimana lagi kan? Saya sih cuma ingin berharap generasi muda nanti bisa menciptakan musik yang dapat dinikmati dan diciptakan dari segi kualitas yang mumpuni dan layak untuk didengar kalangan pecinta musik Indonesia maupun mancanegara.

Ini sebenarnya banyak out of topic dari judul postingan saya ini hahaha tapi apa daya saya hanya ingin mencurahkan isi hati dan pikiran saja sih. Yaa kalau ada yang nggak sependapat sama saya, saya maklum karena tiap orang kan punya pendapat beda-beda. Yang penting sih salam damai aja ya, nggak usah dibikin serius. Make it enjoy and don't take it seriously!

Bye....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar